Blog

#AnakBaikRealGood

Berbeda tapi tetap saling menyayangi

29 Jun 2018 22:08:07

Cley bersekolah di sekolah umum, yang mana terdapat beragam agama, suku, dan ras. Bukan hanya teman-temannya, tapi guru-gurunya pun seperti itu.
Kebetulan cley beragama islam, dan sejak usia 4 tahun dia sudah memutuskan berjilbab atas keinginannya sendiri. Hanya dia satu-satunya yang berjilbab di sekolahnya, tapi bukan masalah untuknya, karena dia sudah paham bahwa tidak semua orang beragama sama, dan tidak semua agama memiliki aturan yang sama.
Cley terbiasa berdoa ketika hendak bepergian, tidur, sebelum dan setelah makan. Dia juga terbiasa melihat ritual berdoa sebelum makan yang berbeda dengan temannya yang beragama lain.
Karena terbiasa dengan perbedaan, cley jadi belajar menghargai dan menghormati orang lain, ketika teman-temannya ada yang merayakan chinese new year, cley juga ikut semangat dengan mempersiapkan baju bewarna merah. Saat hari raya agama lain, cley juga tidak lupa memberikan selamat, meski tidak ikut merayakan.
Begitu pula saat ramadhan datang, cley berpuasa, tapi saat teman-temannya yang beragama lain makan dan minum di jam istirahat, dia memaklumi. Saat idul fitri pun cley tidak lupa menyisihkan beberapa kue lebaran yang ingin dia bagi untuk teman-temannya saat liburan usai nanti, berbagi kebahagiaan idul fitri tanpa mempermasalahkan perbedaan.
Bangga sekali cley bisa belajar mengenai perbedaan tanpa tekanan, dan menerima perbedaan tanpa paksaan.
Tetap menjadi anak baik ya cley, berbuat baiklah pada semua orang tanpa memandang status sosial, agama, maupun suku. Perbedaan bukan alasan untuk tidak berbuat baik, terima kasih secara tidak langsung sudah mengingatkan hal tersebut pada kami orang tuamu.

Reaksimu Tentang Blog diatas ?

Penulis Blog

Thalyta Emmyrna Yuwono

Blog Lainnya