Tips

#AnakBaikRealGood

Tips Back to School untuk Melewati Semester Ini

17 Jul 2018 08:07:19

Awal tahun ajaran baru adalah waktu tepat untuk membuat strategi-strategi akademis. Seberapa baik persiapanmu akan memengaruhi seberapa mudah kamu memenuhi target-target yang ingin kamu capai semester ini. 

 

Berikut tips back-to-school untuk membantu memulai semester terbaik kamu:

 

1. Manfaatkan silabus

Biasanya kamu akan mendapat silabus di minggu-minggu pertama sekolah. Setelah membacanya, tandai semua tanggal ulangan/ujian dan deadline berbagai tugas di kalender yang ada di hape-mu. Ini akan membantumu tidak menunda-nunda untuk belajar atau mengerjakan PR.

 

2. Jangan membuang silabus 

Jadikan silabus sebagai pedoman sepanjang semester setiap kali kamu memiliki tugas/ulangan. Guru biasanya menjelaskan inti-inti dari suatu materi pelajaran di silabus. Jadi, mengikuti panduan tersebut dapat membantu kamu mendapat nilai yang lebih baik.

 

3. Belajar sedikit setiap hari

Tetapkan jadwal harian untuk mengulang materi pelajaran, dan sebisa mungkin, bacalah secara singkat materi-materi pelajaran untuk esok hari. Kesannya lebay, tetapi coba, deh, buktikan. Dengan belajar sedikit-sedikit setiap hari, kamu akan jauh lebih siap ketika ada ulangan. Nah, kalau kesulitan dalam pelajaran, lakukan ini.

 

4. Mencicil PR/tugas sebelum deadline

Jika kamu punya PR/tugas menumpuk, tetaplah semangat dengan mencicil menyelesaikan PR/tugas setiap hari. Contoh, tulis satu paragraf untuk PR Bahasa Indonesia, atau kerjakan 5 soal untuk PR matematika setiap malam selama satu minggu.

 

5. Buat jadwal rutinitas

Membuat jadwal harian saat minggu pertama sekolah akan membantu kamu menjalankan rutinitas dengan lebih nyaman sepanjang semester. Tetapkan kapan waktu untukmu belajar/mengerjakan PR. Buat juga jadwal untuk kegiatan-kegiatan yang lain, latihan band, bermain sepak bola, membantu ibu, dsb. 

 

6. Cari teman 

Memiliki teman-teman akrab akan membuat hari-hari sekolahmu lebih menyenangkan. Jangan lupa catat nomor hape mereka agar kamu  bisa menghubungi saat memiliki pertanyaan tentang ulangan, PR, atau lainnya. Banyak manfaat belajar bersama, yang bisa kamu baca di artikel ini.

 

7. Ikuti ekstrakurikuler

Keberhasilan seseorang tidak hanya diukur dari nilai akademis. Jadi, penting juga untuk kamu mencoba berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang biasanya ditawarkan di sekolah. Aktivitas-aktivitas ini akan memberimu kesenangan yang berbeda dan bisa menggali bakat terpendammu.

 

Penulis: Hanny

Penulis Tips

Imelda