Tips

#AnakBaikRealGood

Belajar Berbagi Lewat Makan Bersama

17 Sep 2018 11:09:00

Apakah kamu sering makan bersama keluarga atau teman-temanmu? Di beberapa negara, kebiasaan ini amat populer, loh. 

 

Di Meksiko, misalnya, penduduk di sana menikmati makan bersama dengan teman dan keluarga di taman atau alun-alun kota. Sementara penduduk desa di Kamboja punya kebiasaan lesehan di atas tikar warna-warni untuk makan bersama dengan orang-orang dicintai. Seru banget!

 

Makan bersama amat bermanfaat karena tidak hanya mengajarkan soal tata krama makan saja, tapi juga kebajikan moral, seperti kedermawanan, disiplin, dan rasa hormat. 

 

Sikap baik terkait aturan berbagi juga kamu dapat pelajari. Contoh, saat makan bersama, kamu perlu menawarkan makanan kepada orang lain, menunggu giliran saat mengambil makanan, dan tidak mengambil porsi yang terlalu besar. Kamu juga akan terbiasa menggunakan kata-kata yang sopan saat meminta tolong mengambilkan makanan yang jauh, sambil tak lupa mengucapkan terima kasih sesudahnya. 

 

Makan bersama keluarga juga mendorong kamu untuk bercerita tentang apa saja kepada ibu dan ayahmu. Nah, di sini kamu belajar untuk selalu bergiliran, karena bukan hanya kamu yang akan bercerita, tapi adik dan kakakmu juga. 

 

Percakapan selama makan ini, tanpa kamu sadari, akan menjalin ikatan kekeluargaan yang semakin erat. Kamu dan saudara-saudaramu dapat mendiskusikan berbagai topik-topik menarik. Di sini kamu dapat belajar menjadi pendengar yang baik dan menghargai pendapat orang lain, karena kamu perlu sabar menunggu sementara orang lain sedang berbicara, bukan hanya fokus pada diri sendiri. 

 

Di situasi makan bersama yang lebih besar, misalnya saat kamu makan bersama nenek dan kakek, kamu akan belajar soal rasa hormat dan kesopanan. Pada saat seperti itu, kamu bisa saja harus makan hidangan buatan nenek yang tidak sesuai seleramu. Namun kamu menyadari, makanan adalah cara untuk mengekspresikan kepedulian dan ketika kamu tidak mau makan makanan tersebut seolah-olah kamu menolak cinta dari orang yang kamu sayangi. Betul, kan?

 

Nah, siap makan bersama dengan orang-orang yang kamu cintai? Kalau kamu sibuk sekolah dan les ini-itu dari pagi hingga sore  hari, makan bersama keluarga bisa dilakukan di malam hari atau di hari-hari libur untuk makan bersama nenek kakek atau teman-temanmu. Biasakan untuk selalu membaca doa sebelum dan sesudah makan agar kamu selalu belajar untuk bersyukur atas nikmat Tuhan.

 

Penulis: Hanny

Penulis Tips

Imelda