Tips

#AnakBaikRealGood

4 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Berpuasa

05 Jun 2018 14:06:53

Salah satu kenapa Ramadhan dianggap sebagai bulan penuh berkah karena di bulan ini kamu bisa belajar tentang banyak hal, mulai dari rasa ikhlas, kedermawanan, kesalehan, sampai kesabaran. Tanpa terasa bulan suci ini juga menawarkan berbagai manfaat bagi pikiran dan tubuhmu.

Coba, yuk, kita telaah satu per satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berpuasa:

1. Meningkatkan kesehatan
Penelitian Annals of Nutrition Metabolism menunjukkan puasa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 8%, trigliserida sebesar 30%, dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL) sebesar 14,3% sehingga melindungi jantung dari penyakit kardiovaskuler. Hal ini ternyata karena di bulan Ramadhan orang cenderung memilih makanan yang lebih sehat. Studi telah mencatat bahwa konsumsi lemak jenuh secara keseluruhan (biasanya banyak ditemukan pada junk food) berkurang di bulan Ramadhan. Selain itu, kebiasaan salat Tarawih di bulan ini membuat kamu lebih bugar karena gerakan-gerakan salat sama dengan kita melakukan aktivitas fisik tingkat sedang.

2. Mengatasi kecanduan
Kecanduan bisa datang dalam segala bentuk, contoh kecanduan berbohong, bergosip, makan junk food, dsb. Nah, bulan suci Ramadan memberikan kesempatan yang sangat baik bagi kamu untuk membuang berbagai kecanduan itu karena pada saat ini kamu belajar untuk menahan diri hampir sepanjang hari.

3. Membangun kebiasaan makan sehat
Bulan Ramadhan adalah kesempatan sempurna untuk membangun kebiasaan makan makanan yang sehat. Saat kamu berpuasa, kamu belajar mengendalikan keinginan, termasuk keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang kamu suka, namun cenderung tidak sehat, seperti burger, kentang goreng, cake, dsb.  Hasilnya, pada akhir puasa, kamu akan memiliki kemauan yang lebih kuat untuk mengatakan “tidak” pada makanan-makanan yang menggoda itu. Kalau kebiasaan ini dipertahankan terus, kamu akan menjadi anak yang lebih sehat.

4. Memberikan ketenangan hati dan pikiran
Dengan banyak berdoa, mencoba belajar mengendalikan diri, banyak beramal, dan selalu berusaha berbuat baik di bulan puasa ini, kamu banyak mempraktikkan rasa ikhlas, kedermawanan, kesalehan, dan kesabaran sehingga jiwamu lebih damai dan tenang.

Setuju, kan?

 

Penulis: Hanny

Penulis Tips

Imelda