Tips

#AnakBaikRealGood

Menolong Ibu di Rumah, Bisa Dimulai dari Daftar Ini

19 Jun 2018 06:00:32

Si Mbak lagi mudik? Wah… pasti kamu enggak tega melihat Ibu sibuk mengerjakan seluruh pekerjaan rumah, bukan? Nah, sebenarnya ada yang bisa kamu lakukan untuk meringankan beban Ibu, yakni menolong melakukan pekerjaan rumah tangga.

Memang sih banyak candaan seputar membantu ibu ini. Ibu katanya susah banget kalau dibantuin, cara motong sayuran beda dikit aja, ngomel. He… he…he… maklum, deh, emak-emak.
 
Tapi coba kamu berpikir dari sisi pandang ibumu. Kesibukan seorang ibu itu begitu luar biasa: begitu bangun tidur, ia harus menyiapkan makan sahur untuk kalian, lalu setelah salat subuh, ia pasti akan sibuk menyapu, mengepel, mencuci bajumu, mencuci piring, dsb. Enggak ada waktu beristirahat.

Murid sekolah, bahkan para pekerja saja, ada waktu istirahatnya, di hari Sabtu dan Minggu. Jam kerjanya juga hanya dari 9 pagi sampai 5 sore. Tapi Ibu harus bekerja 24 jam sehari, seminggu penuh, tanpa waktu istirahat sama sekali.
    
Jadi, kalau Ibu sering ngomel-ngomel sedikit, mohon dimaklumin saja. Kuatkan niat untuk menolong ibu. Caranya mudah, kok!

Bila kamu punya kakak atau adik, diskusikan tentang niat kamu menolong Ibu, ajak mereka juga terlibat.

Buat daftar tugas yang bisa kalian kerjakan, seperti ini:

Bagilah pekerjaan rumah tangga itu dengan adil. Adik yang masih kecil, misalnya, mendapat tanggung jawab untuk memberi makan hewan peliharaan tiap hari dan membereskan mainan. Untuk yang lebih besar, bisa mendapat tugas menyapu dan mengepel. Sementara kamu, mencuci piring dan baju.

Susunlah daftar tugas dan siapa yang mengerjakan lalu tempel agar dapat dilihat oleh semua. Ini juga sebagai pengingat bagi kalian agar tidak lupa.

Pertimbangkan mengganti daftar tersebut sesekali untuk menghindari kebosanan.

Nah, selamat membantu Ibu : )

 

Penulis: Hanny

Penulis Tips

Imelda