Tips

#AnakBaikRealGood

Liburan Seru Sambil Berbagi, Begini Caranya

25 Jun 2018 06:06:12

Kalau kamu merencanakan libur panjang ini lebih bermanfaat, banyak banget caranya. Salah satunya, dengan merancang liburan sebagai perjalanan yang lebih berharga, enggak hanya untuk kamu, tapi untuk tempat yang kamu kunjungi.  

Mulailah dengan melihat apa yang kamu miliki, ini bukan bicara soal materi, lho, tapi lebih pada keterampilan atau kemampuanmu. Contoh, dengan kemampuan berbahasa Inggris atau matematika yang oke banget, kamu bisa membuka kursus singkat gratis saat berlibur di rumah nenek. Enggak harus kemampuan akademis, beberapa keterampilanmu, seperti membuat sesuatu dari barang bekas, memasak, bernyanyi, dsb, juga bisa kamu bagikan pada banyak orang di sana.

Atau, jika merasa bakatmu biasa-biasanya, tak perlu khawatir, kamu bisa menciptakan suatu tujuan mulia, misalnya membuat perpustakaan. Intinya, semakin tahu keinginanmu, liburan seru kamu akan semakin berhasil.

Contoh, saat kamu akan membuat perpustakaan, kamu dapat merancangnya dengan lebih detail. Di mana kamu akan membuat perpustakaan, misalnya.

Kalau rumah nenek besar, kamu dapat membuatnya di sana, tentu dengan seizin nenek dulu, yaaa. Atau kamu bisa menghubungi pihak-pihak yang dapat membantu, contoh bapak lurah, para pemuda karang taruna, dsb. Kamu juga dapat mulai mengumpulkan buku untuk koleksi perpustakaan dengan menghubungi beberapa penerbit yang biasanya akan memberikan buku-buku secara gratis.

Ide lain adalah dengan mengajak ayah dan ibumu untuk mewujudkan liburan seru ini. Bila ibu/ayahmu seorang dokter, misalnya, mungkin bisa merancang pelayanan kesehatan gratis. Bila berprofesi sebagai wartawan, ajak untuk berbagi ilmu kejurnalistikan. Kamu juga dapat membuat lomba menulis agar semakin mendorong semangat anak-anak di sana. Seru banget, kan?

Sadarilah bahwa liburan ini membutuhkan komitmen dan keinginan yang kuat. Sekali lagi, rancanglah liburan ini dengan detail. Hitung berapa lama liburanmu dan buatlah jadwal harianmu selama di sana, siapa yang akan kamu ajak kerja sama di sana, bagaimana mengumpulkan peserta, dsb.

Nah, selamat berlibur, selamat bersenang-senang, dan semoga tujuan muliamu dapat terwujud dengan lancar ya.

Amin…

Penulis Tips

Imelda