Tips

#AnakBaikRealGood

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Liburan Panjang

02 Jul 2018 11:07:00

Di liburan panjang ini apakah kamu merasa bosan karena enggak ngapa-ngapain, kecuali tidur dan jalan-jalan ke mal? Nah, untuk tahun depan, jangan buat dirimu bete lagi. Rancang liburan panjang yang lebih seru sehingga hari demi hari waktu liburmu bisa  diisi dengan kegiatan bermanfaat.  

Kegiatannya bisa disesuaikan dengan minat dan hobimu. Misalnya, kamu senang banget beraktivitas di dapur, saat liburan kamu bisa menolong ibu menciptakan berbagai olahan lezat dan sehat dengan memanfaatkan kompor dan oven di rumah. Banyak banget manfaat yang bisa didapat dengan menolong Ibu di dapur. Coba baca di link ini, ya

Itu baru salah satu cara, masih ada cara lainnya. Ini contohnya:

1. Mendekor ulang kamar
Pindahkan beberapa perabotan dalam kamarmu, tambahkan beberapa kursi, dsb  Apa pun gaya dekorasi kamarmu, aktivitas ini dapat mengisi liburanmu dengan seru.

2. Buat kerajinan tangan
Manfaatkan barang bekas di rumah untuk diolah kembali. Banyak, kok, inspirasinya di internet. Hasil kerajinan tangan ini bisa menjadi hadiah untuk orang-orang yang kamu sayangi, ibu, ayah, atau eyangmu, misalnya.

3. Bersih-bersih rumah
Membantu ibu beres-beres rumah
juga bisa kamu jadwalkan untuk mengisi liburanmu. Rapikan lemari bajumu, sortir pakaian yang sudah kekecilan sehingga bisa kamu sumbangkan. Atau bantu Ibu membersihkan kulkas di dapur, menyirami tanaman di halaman, dsb.

4. Tonton film dokumenter
Kamu pernah nonton film dokumenter? Coba isi liburanmu dengan kegiatan ini.  Film dokumenter itu asyik ditonton, berbobot, dan akan menambah pengetahuanmu.

5. Jadi relawan
Temukan cara untuk melayani orang dan berkontribusi di lingkunganmu dengan menjadi relawan. Bila kamu tinggal di dekat pantai, kamu bisa ikut kegiatan sukarela membersihkan pantai, misalnya, atau kamu bisa membantu mengantarkan makanan kepada para tunawisma, membantu di panti jompo, dsb.

6. Tingkatkan kesehatan fisik
Kamu memiliki lebih banyak waktu selama liburan sekolah. Jadi ini adalah kesempatan bagus untuk mulai tidur nyenyak, berolahraga teratur, dan makan dengan sehat.

7. Perbaiki sesuatu
Ajak ayahmu untuk memperbaiki berbagai barang di rumah yang rusak, seperti kipas angin, meja, kursi yang rusak. Pelajari bagaimana ayahmu memperbaikinya. Ini adalah keterampilan yang akan berguna di masa depan.

8. Kunjungi museum
Perjalanan ke museum akan membuat kamu lebih berpengetahuan, ajak teman-teman juga. Tiket ke museum umumnya murah sehingga pasti terjangkau untuk pelajar sepertimu.

9. Dalami hobi baru
Selama liburan, kamu bisa mendalami hobi baru seperti berkebun, main ukulele menari, fotografi, dsb.

10. Jual barang yang tidak kamu gunakan
Coba cari barang  di rumah yang sudah tidak terpakai lagi, tapi masih laku dijual secara online. Hasil penjualannya bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Penulis Tips

Imelda